JARINGAN KOMPUTER

22.9.18
Disini saya akan menjelaskan pengertian PAN, LAN, MAN, dan WAN berdasarkan apa yang telah saya pelajari. Dan disampaikan dengan gaya bahasa saya pribadi.

  1. PAN (Personal Area Network)
  2. LAN (Local Area Network)
  3. MAN (Metropolitan Area Network)
  4. WAN (Wide Area Network)


1. PAN (Personal Area Network)
PAN (Personal Area Network) adalah jaringan komputer yang saling terhubung antara dua perangkat atau lebih yang berada dijangkauan sekitar 1 s/d 10 meter sehingga perangkat tersebut dapat berkomunikasi secara langsung. Untuk menghubungkan perangkat-perangkat ini, teknologi yang digunakan adalah seperti kabel USB dan FireWire, sedangkan teknologi yang lebih canggih yaitu tanpa menggunakan kabel, contohnya Bluetooth, Infrared, dan sinyal dari Router.


2. LAN (Local Area Network)

LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa device sehingga dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain. Umumnya LAN digunakan untuk kantor atau perusahaan yang membutuhkan pertukaran data yang cepat dan mudah. Jangkauan jaringan komputer ini yaitu sekitar 10 s/d 1000 meter. Cara kerja LAN yaitu Router menyambung ke HUB/Switch lalu menyebarkan lagi ke beberapa device, contohnya Computer Client, Printer, Fax, dll.
WLAN (Wireless LAN) adalah teknologi jaringan komputer nirkabel yang tidak memerlukan kabel tetapi bisa berkomunikasi dengan perangkat yang menggunakan kabel, contohnya, Smartphone, Laptop. Tetapi dibutuhkan sebuah Wireless Router untuk menghubungkan perangkat tersebut, 
Contohnya : Wi-Fi (Wireless Fidetely)


3. MAN (Metropolitan Area Network)



MAN (Metropolitan Area Network) adalah jaringan komputer di suatu kota yang kecepatan transfer datanya sangat tinggi untuk menghubungkan data dan berkomunikasi di berbagai lokasi seperti Kantor Pusat, Pabrik, Sekolah,  Kampus, Rumah Sakit, dll. Biasanya jarak MAN ini yaitu 10.000 meter s/d 100.000 meter.


4. WAN (Wide Area Network)



WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencangkup area yang sangat luas seperti antar negara dan antar benua dan jangaukannya lebih dari 1.000.000 meter karena mencangkup area yang sangat luas, WAN memerlukan sebuah sarana transmisi seperti telepon, kabel bawah laut, ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam mulai dari 2Mbps hingga 625 Mbps (Kadang-kadang bisa lebih).


Konklusi

PAN, LAN, MAN, dan WAN adalah sebuah jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat dan bertukar data dari perngakat satu dan lainnya.

Sedangkan untuk jangkauannya dibagi menjadi:
PAN : 1 s/d 10 meter yang cocok untuk sebuah ruangan pribadi
LAN : 10 s/d 1000 meter yang biasanya digunakan untuk sebuah usaha, kantor, dll.
MAN : 10.000 s/d 100.000 meter digunakan untuk berkomunikasi dan bertransfer data dari dalam kota contoh, Kantor cabang ke Gudang, dll
WAN : Lebih dari 1.000.000 meter yaitu jaringan komputer yang cakupannya sangat luas antar negara dan antar benua, sehingga memerlukan sebuah transmisi seperti telepon, kabel bawah laut, dan satelit.

Ilustrasi bisa dilihat gambar di bawah ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar