TUGAS PERTEMUAN 13

19.12.18
A.Pengertian

DHCP (Dynamic Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client.

B.Latar Belakang


DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol)adalah layanan yang secara otomatis memberikan alamat IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan alamat IP disebut sebagai DHCP server, sedangkan komputer yang meminta alamat IP disebut sebagai DHCP client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi memberikan alamat IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server. Pada saat kedua DHCP client dihidupkan, maka computer tersebut melakukan request ke DHCP Serveruntuk mendapatkan alamat IP. DHCP menjawab dengan memberikan alamat IP yang ada di database DHCP. DHCP Serversetelah memberikan alamat IP, maka server meminjamkan (lease)alamat IP yang ada ke DHCP Client dan mencoret alamat IP tersebut dari daftar pool. Alamat IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Jika tidak ada lagi alamat IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.


C.Tujuan



Untuk mengetahui pengertian dari DHCP, DHCP server, DHCP client, fungsi dari DHCP, kelebihan dan kekurangan DHCP dan Mengetahui cara kerja DHCP.

Manfaat yang diperoleh dari makalah ini adalah kita dapat mengeetahui seperti apa jenis DHCP, fungsi, kelebihan dan kekurangan serta cara kerja nya.


D.Alat dan Bahan

-Packet Tracer
-Laptop
-Kopi

E.Langkah Langkah

1.Skema 1 TUGAS 1

2.Untuk melakukan konfigurasi EIGRP ialah masukan alamat IP address pada masing masing interface router.

3.Konfigurasi yang pertama dilakukan pada router "R1" adalah masukan IP address 10.1.1.1/24 pada interface fashethernet0/0.

lihat gambar

CONFIGURE ROUTER 1


CONFIGURE ROUTER2









1.Skema 2 TUGAS 2

2. Berikut langkah langkahnya...

CONFIGURE ROUTER 1


CONFIGURE ROUTER 2

TEST PING




Tidak ada komentar:

Posting Komentar